Cara Meningkatkan Hasil Panen Jamur Tiram

Saat bertani, menunggu hasil panen merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh para petani dan warga sekitar.

Kita sering kali mengharapkan kualitas yang bagus atau hasil panen yang melimpah, karena itu pertanda hasil kerja keras kita terbayar lunas.

Karena hasil panen itu sendiri sering kali menjadi salah satu hal untuk dapat kita konsumsi diri sendiri atau juga dapat kita jual untuk kebutuhan sehari-hari.

Jamur tiram, menjadi salah satu persoalan. Mengapa banyak sekali yang menanam jenis tumbuhan itu sendiri. Mungkin dari segi mudah dalam merawat dan juga menanam.

Cara Meningkatkan Hasil Panen Jamur Tiram

Tapi terkadang, kita juga suka merasa kecewa karena hasil yang kita tanam. Sering kali gagal panen ketika kita salah dalam merawatnya.

Jamur tiram memang mudah dalam menanamnya. Namun, sering kali kita menyepelekan dalam hal perawatan dan juga dalam hal peningkatan hasil panen.

Maka, ketika kita melakukan penanaman jamur tiram. Alangkah lebih baiknya kita memahami bagaimana cara menanam jamur tersebut.

Dan juga bagaimana cara meningkatkan hasil panen jamur tiram tersebut. Karena jika kita belum mengetahuinya maka hasilnya pasti tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Jamur tiram sendiri memang sering kali dikonsumsi oleh kebanyakan orang, terlebih banyak yang menjadikan jamur tiram untuk makanan sehari-hari.

Oleh sebab itu jika kita tidak mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil panen jamur tiram tersebut maka kita tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

15

Cara Meningkatkan Hasil Panen Jamur Tiram

Meningkatkan Hasil Panen Jamur Tiram

Ketika jamur tiram kita sudah mulai bisa dipanen, dan hasil yang kita dapatkan sangat memuaskan. Maka itu berarti panen kita berhasil.

Namun, jika tidak memuaskan pada jamur tersebut, entah karena busuk atau lain sebagainya. Maka hasil panen tersebut gagal.

Nah, selanjutnya apa yang harus dilakukan ketika panen pertama berhasil dan panen kedua malah menurun ?

Salah satu solusi bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut dengan cara meningkatkan hasil panen jamur tiram tersebut.

Untuk meningkatkan jamur tiram tersebut. Kita perlu adanya proses yang dilakukan atau tahapan yang perlu dilakukan agar hasilnya maksimal.

Nah, cara sederhana untuk meningkatkan hasil panen jamur tiram itu sendiri dengan cara proses pemberian lubang pada baglog.

Teknik Meningkatkan Hasil Panen Jamur Tiram

Ketika kita mencoba melubangi bagian atas baglog agar spora dapat menyebar ke seluruh bagian baglog.

Kita juga dapat melubanginya dengan cara melubangi bagian atas tanpa menutup kapas penutup pada bagian baglog itu.

Dengan membuat lubang 2-3 pada baglog dan membiarkan jamur tumbuh atau berkembang pada baglog tersebut.

Barulah kita dapat melubangi pada bagian lain ketika sudah mulai panen. Dan kita dapat melubangi bagian baglog tersebut.

Dengan ukuran yang besar setelah melakukan panen sebanyak tiga atau empat kali. Barulah kita dapat melubanginya dengan besar.

Dengan kita melakukan pelubangan pada bagian baglog yang lainnya itu berarti kita dapat melakukan pengurangan uap yang terjadi pada baglog.

Sehingga air yang tersedia dapat dimanfaatkan secara maksimal bagi pertumbuhan jamur itu sendiri.

Jika sudah melakukan proses seperti itu barulah kita dapat melakukan panen yang secara otomatis akan meningkat

Tips Meningkatkan Hasil Panen Jamur Tiram

Karena dengan menggunakan metode dan langkah seperti itu. Proses panen pun akan maksimal dan jamur yang dihasilkan pun berkualitas.

Dengan begitu dapat dikonsumsi oleh kebanyakan orang dan juga dapat dijual dipasaran anggar mendapat keuntungan.

Begitulah penjelasan mengenai cara meningkatkan hasil panen jamur tiram. Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang menanam jamur tiram.

Nah, selain menggunakan cara di atas, kamu juga bisa menggunakan Penyiram Jamur Otomatis , dengan alat ini kamu mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas dari jamur tiram itu sendiri.

Karena alat tersebut bisa mengontrol suhu dan kelembaban yang ada pada kumbung jamur, alat tersebut juga dilengkapiĀ  dengan penyiram otomatis, dengan begitu kamu akan bisa meningkatkan hasil panen dengan lebih praktis dan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *