Cara Menyiram Jamur Tiram

Jamur Tiram merupakan salah satu tumbuhan yang bisa dibilang cukup mudah dikembangbiakkan. Ketika sudah ditanam kamu hanya harus memperhatikan kelembaban dan juga suhu yang ada pada kumbung jamur.

Nah, salah satu cara untuk mengatur kelembaban dan suhu adalah dengan melakukan penyiraman pada jamur, tapi cara menyiram jamur tiram ngga bisa sembarangan loh, karena memang harus disesuaikan dengan suhu dan kelembaban jamur pada saat itu.

Makannya, berikut ini, beberapa tips atau cara menyiram jamur yang baik yang pastinya bisa kamu praktekkan langsung.

 

Penyiraman Jamur Tiram Pagi Hari

cara menyiram jamur tiram pagi hari

Cara penyemprotan jamur tiram pada pagi hari ada baiknya sih dilakukan setelah kamu melakukan pemanenan. Jangan lupa juga, pastikan semua sisa hasil panen baik yang terpakai maupun yang tidak sudah dikeluarkan dari kumbung jamur.

Kenapa?

Mmm, simpel sih. Intinya, jika kamu melakukan penyiraman dengan sisa hasil panen yang masih tertinggal, bisa saja sisa hasil panen tersebut membusuk. Dampaknya kumbung jamur yang kamu gunakan akan berbau tidak sedap.

Lalu apa dampaknya? Dampaknya, bau busuk tersebut akan mengundang hama yang bisa saja mengganggu pertumbuhan jamur tiram yang ada.

Nah, pada saat kamu melakuakan penyiraman pada pagi hari, ada baiknya jangan lakukan penyiraman sampai baglog terlalu basah.

Untuk memudahkannya, kamu bisa gunakan kompresor dengan tekanan tinggi, tapi pastikan dulu mata kompresor diperkecil sehingga air yang keluar akan seperti embun yang menyirami jamur.

 

Penyiraman Jamur Tiram Siang Hari

teknik menyiram jamur tiram siang hari

Untuk penyiraman siang hari, kamu bisa lakukan sekitar jam 01.00, tapi masalah waktu kondisional juga ya. Jika memang suhu ruangan terlalu tinggi kamu bisa lakukan di jam 12.00 siang, tujuannya agar jamur tidak kering dan bukan tidak mungkin juga akan mati.

Karena suhu siang lebih tinggi daripada suhu di pagi hari, jadi tujuan utama dari penyiraman siang hari adalah agar suhu ruangan dan baglog turun.

Makannya untuk penyiraman siang hari kamu tidak hanya menyiram baglog, tapi juga menyiram lantai pada kumbung jamur tiram.

Penyiramannya bisa kamu lakukan dengan menyiram langsung pada baglog jamur tiram, atau disemprotkan ke udara, sehingga udara pada kumbung akan terlihat seperti berembun, selain itu juga penyemprotan ini menjaga kelembaban dari kumbung jamur.

 

Penyiraman Jamur Tiram Sore Hari

cara menyiram jamur tiram sore hari

Penyiraman sore hari sendiri sebenarnya tidak wajib, kamu bisa lakukan, bisa saja tidak. Tergantung dari kondisi daerah tempat kamu budidaya jamur tiram.

Jika pada saat itu musim penghujan ada baiknya kamu tidak perlu melakukan penyiraman, karena bisa saja jamur tiram yang kamu budidayakan akan sangat basah, dan bisa saja menurunkan kualitas dari jamur yang dipanen nanti.

Kenapa? Karena, kebanyakan jamur tiram dipanen sore hari hingga malam hari, atau bahkan hingga pagi hari. Sehingga jika jamur yang dipanen terlalu basah, kualitasnya akan terlihat menurun dan berdampak juga pada harga jamur yang dipanen.

Tapi tenang, kamu bisa loh mengakalinya, kamu tetap bisa menyiram. Tapi jangan lakukan penyiraman langsung pada baglog.

Lakukan penyiraman pada lantai atau udara dalam kumbung, sehingga penyiraman yang kamu lakukan hanya untuk menjaga kelembaban ruangan.

Disarankan juga sih kamu gunakan kompresor dengan tekanan tinggi, dengan pengaturan mata kompresor yang kecil sehingga air yang dikeluarkan akan lebih lembut dan terlihat seperti embun.

Oiya, perlu kamu ketahui juga dalam budidaya jamur tiram, sebenarnya tidak ada angka pasti berapa kali kita harus menyiram.

Semuanya tergantung dari suhu dan kelembaban pada kumbung jamur yang kamu gunakan. Untuk itu kamu perlu tahu suhu yang baik untuk jamur cepat tumbuh dan berkembang.

Suhu yang baik untuk jamur tumbuh dan berkembang adalah kisaran 25 °C – 30 °C.

Selain suhu, kelembaban juga harus kamu perhatikan.

Kelembaban udara yang baik untuk jamur tiram adalah 80.

Makannya, untuk memudahkan kontrol suhu dan kelembaban sebenarnya lebih praktis jika kamu gunakan alat otomatis yang bisa mengontrol suhu, kelembaban sekaligus melakukan penyiraman pada jamur.

Kamu bisa simak artikel : Penyiram Jamur Otomatis

Jadi gimana? Udah tau kan gimana cara atau teknik menyiram jamur tiram yang benar?

Intinya, jamur tiram ini bisa dibilang tanaman yang cukup sensitif untuk masalah suhu dan juga kelembaban, jadi kamu sebagai pelaku budidaya jamur tiram harus benar-benar telaten mengontrol kondisi suhu dan kelembaban pada kumbung jamur.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *