Manfaat Jamur Tiram

Di zaman yang semakin modern ini semakin banyak olahan-olahan makanan yang kita sendiri tidak tahu sebenarnya bagaimana sih cara pengolahannya? Apa saja kandungan yang ada pada makananan tersebut?

Bisa saja makanan yang kita makan mengandung zat-zat yang justru berbahaya bagi tubuh kita. Oleh karena itu pemilihan bahan makanan yang baik juga sangat penting.

Tapi mungkin beberapa dari kalian bingung? Apa contohnya bahan makanan yang enak, tapi juga sehat apabila kita mengkonsumsinya.

Jika muncul pertanyaan seperti itu mungkin jamur menjadi jawabannya. Jamur sendiri tentunya tidak hanya satu jenis saja.

Gambar Jamur Tiram

Gambar Jamur Tiram, via : Anotheorion

Jamur sendiri cukup banyak jenisnya. Ada jamur tiram, jamur kuping, jamur payung, dan juga jenis jamur layak konsumsi lainnya.

Nah, di artikel kali ini akan dibahas salah satu jenis jamur, yaitu jamur tiram. Kenapa jamur tiram? Karena jamur tiram sendiri merupakan salah satu jenis jamur yang cukup banyak dikonsumsi. Khususnya dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Jamur tiram juga mudah diolah dalam berbagai jenis masakan. Bisa diolah menjadi oseng jamur, jamur krispi, keripik jamur, ataupun olahan jamur lainnya.

Selain mudah diolah menjadi makanan proses budidaya jamur tiram juga bisa dibilang cukup mudah bahkan bisa kamu lakukan di rumah.

Dan jika berbicara kandungan. Kandungan pada jamur tiram ini cukup banyak dan juga tentunya bisa bermanfaat untuk tubuh kamu.

Kandungan Jamur Tiram Per 100 Gram

Kandungan Jumlah (Gram)
Protein 13,8
Serat 3,5
Lemak 1,41
Abu 3,6
Karbohidrat 61,7
Kalori 0,41
Kalsium 32,9
Zat Besi 4,1
Fosfor 0,31
Vitamin B1 0,12
Vitamin B2 0,64
Vitamin C 5
Niacin 7,8

Data diatas merupakan data yang bersumber dari FAO1992.

Kamu bisa lihat sendiri kandungan gizi yang terkandung pada jamur tiram cukup banyak. Nah, banyaknya kandungan gizi yang terkandung pada jamur tiram tentunya berbanding lurus dengan banyaknya manfaat yang ada pada jamur tiram ini loh.

Lalu serapa besar sih manfaat jamur tiram ini? Di artikel ini akan dibahas tentang manfaat jamur tiram, atau bisa dibilang juga manfaat jamur tiram putih.

 

Manfaat Jamur Tiram Bagi Tubuh

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jamur tiram ini memiliki manfaat meningkatkan kekebalan tubuh. Tentunya manfaat yang disampaikan ini juga tidak asal.

Gambar Kekebalan Tubuh

Gambar Kekebalan Tubuh, via : Agroteknologi

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Traditional and Complementery Medicine ini terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Bahan aktif yang terkandung pada jamur tiram ini mampu merangsang makrofag pada tubuh agar bisa bekerja lebih aktif.

Perlu kamu ketahui, makrofag sendiri  merupakan bagian dari sel darah putih yang bertugas untuk virus, bakteri, dan juga zat lain yang merugikan tubuh kita.

2. Mengendalikan Kolestrol Jahat

Walaupun jamur tiram sendiri bukan merupakan protein hewani. Namun, ternyata jamur tiram ini nilai gizinya  setara dengan daging.

Namun, ada hal yang membedakannya, yaitu pada jamur tiram kolestrolnya pada angka 0%. Ternyata angka tersebut juga tidak asal loh.

Pada penelitian yang dilakukan oleh United States Drugs and Admiration membuktikan bahwa jamur tiram ini memang bisa mengontrol kolestrol jahat apabila kita rutin dalam mengkonsumsinya.

Jadi kamu bisa mendapatkan gizi yang cukup bahkan setara daging. Namun, kamu tidak perlu khawatir terkena kolestrol jahat.

3. Melawan Radikal Bebas

Selain kandungan gizi diatas tadi ternyata jamur tiram juga mengandung riboflamin, niacin, dan juga selenium. lalu apa kegunaan dari 3 zat ini?

3 Zat ini menghasilkan anti oksidan yang bisa melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan sel pada tubuh menjadi rusak.

4. Mencegah Kanker

Kanker sendiri bisa dibilang menjadi penyakit yang menyakitkan saat ini. Tenang, ternyata jamur tiram bisa membantu kamu untuk mencegah kanker loh.

Sebuah penelitian dan terbitan dari  International Journal of Oncology tahun 2008 bahwa suplemen ektrak dari jamur tiram bisa menekan atau menghambat pertumbuhan sel kanker pada payudara, usus besar dan sel kanker bagian tubuh lainnya.

5. Nutrisi Ibu Hamil

Wanita hamil tentunya sangat sensitif terhadap makanan yang masuk ke tubuh. Sangat dianjurkan untuk ibu hamil sendiri mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang cukup.

Gambar Ibu Hamil

Gambar Ibu Hamil, via : sehatmagz

Salah satunya adalah jamur tiram. Jamur tiram sendiri bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu dan juga janinnya.

6. Mencegah Tumor

Jamur tiram juga bisa mencegah tumbuhnya virus tumor loh. Karena zat besi pada jamur tiram sangat membantu pertumbuhan limfotsit pada tubuh.

Senyawa tersebut bisa membantu juga untuk membunuh virus-virus tumor yang tumbuh pada tubuh.

7. Sebagai Antimikroba

Jamur tiram sendiri juga bisa membantu kamu yang mungkin memiliki luka yang tidak kunjung sembuh. Jamur tiram bisa membantu untuk mengobati luka maupun iritasi pada tubuh kamu.

8. Melancarkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang tidak lancar bisa berdampak juga pada tubuh kamu yang sering pegal-pegal. Tapi tenang, jamur tiram juga bisa melancarkan aliran darah keseluruh tubuh.

9. Menurunkan berat badan

Kandungan air pada jamur tiram cukup tinggi. Sebaliknya kandungan kalori yang ada pada jamur tiram sedikit. Jadi menu makanan jamur tiram ini sangat cocok untuk kamu yang sedang berdiet atau menurunkan berat badan.

10. Anti Bakteri

Saat kita mengkonsumsi jamur tiram ternyata memiliki aktifitas anti bakteri. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena sebuah informasi yang diambil tahun 1997 oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry menyatakan bahwa kandungan senyawa yang ada pada jamur tiram bisa mengurangi tingkat bakteri sehingga kamu akan lebih bisa terhindar dari stres.

11. Mengatasi Liver

Fungsi antibakteri yang ada pada jamur juga bisa membantu hati dalam menawar racun. Karena seperti yang kita ketahui hati sendiri memiliki fungsi untuk menawar racun yang ada pada tubuh.

12. Sumber Energi Bagi Tubuh

Kandungan yang terkandung pada jamur tiram bisa menjadi sumber energi cadangan juga loh. Apabila kamu mengkonsumsi jamur tiram secara rutin dan juga sesuai aturan maka bukan tidak mungkin kamu akan lebih sulit lelah.

Baca Juga  :  Harga Jamur Tiram per KG

Nah, itu tadi merupakan beberapa manfaat jamur tiram. Intinya jamur tiram ini bisa dibilang menjadi makanan murah namun kaya akan manfaat.

JIka dijabarkan tadi jamur tiram bisa mencegah penyakit, menyembuhkan penyakit, bahkan bisa menjadi sumber energi bagi tubuh juga.

Namun, manfaat jamur tiram sendiri bisa kamu dapatkan apabila dalam mengkonsumsinya juga dibarengi dengan aktifitas yang menyehatkan bagi tubuh.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *