Penyiram Jamur Otomatis

Jamur sekarang ini bisa dibilang salah satu objek budidaya yang cukup mudah, perawatan jamur tidak terlalu sulit.

Selain itu jamur sendiri khususnya jamur tiram bisa panen lebih dari 1 kali untuk 1 baglognya. Tentunya hal tersebut membuat jamur memiliki nilai tambah dibandingkan objek budidaya lain.

Salah satu yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin budidaya jamur tiram adalah dengan memperhatikan kondisi suhu dan kelembaban dari kumbung jamur.

Jika suhu dirasa tinggi, kamu harus melakukan penyiraman pada jamur tiram, tapi kamu juga harus tau bagaimana cara menyiram jamur tiram yang baik dan benar.

Mungkin hanya itu sih yang memang benar-benar harus diperhatikan untuk kamu pelaku budidaya jamur tiram.

Tapi tenang, sekarang ini sudah banyak kok produk IoT yang bisa mengontrol kondisi kumbung jamur dari suhu hingga kelembaban.

Tidak hanya itu, bahkan ada juga produk IoT yang tidak hanya untuk mengontrol suhu dan kelembaban, tapi dilengkapi juga dengan penyiram jamur otomatis.

 

Kenapa harus menggunakan penyiram jamur otomatis?

penyiram jamur otomatis

Simpel sih sebenernya, mungkin untuk kamu pelaku budidaya jamur salah satu yang penting diperhatikan adalah kondisi suhu dan kelembaban dari rumah jamur atau kumbung jamur.

Oleh karena itu, penyiram jamur otomatis ini sebenarnya membuat proses budidaya jamur lebih efektif dan bisa mendapatkan hasil yang bagus dari segi kualitas, dengan kualitas jamur yang bagus, pastinya harga yang didapatkan akan lebih tinggi juga.

Penggunaan alat penyiram jamur otomatis juga meminimalisir terjadinya kerugian dari segi material dan juga waktu, kamu tidak perlu lagi setiap waktu memeriksa termometer untuk mengecek berapa suhu dan berapa kelembaban dari kumbung jamur yang kamu gunakan.

Dan jika kamu minat, sebenarnya udah banyak sih produk-produk penyiram jamur otomatis yang diproduksi, tapi disarankan kamu gunakan produk dari “EGROTEK”.

Kenapa? Selain harganya relatif murah, atau terjangkau. Penyiram jamur otomatis dari egrotek juga dilengkapi keunggulan-keunggulan lain yang bisa membuat proses budidaya jamur tiram kamu lebih mudah.

Penasaran? Simak pembahasan review produk Egrotek berikut ini.

 

Apa itu Egrotek?

Apa itu egrotek

Nah, sebelum lanjut ke keunggulan dan fitur, kamu perlu tahu dulu nih, sebenarnya apa sih itu Egrotek?

Kalo boleh dideskripsikan sih, Egrotek bisa dibilang solusi bagi kamu pelaku budidaya khususnya jamur.

Produk dari Egrotek mengkombinasikan antara Nozzle Sprayer dan juga Internet Of Things atau IoT. Dengan begitu kelembaban dan suhu bisa di monitor dari jarak jauh.

Dan bagusnya Nozzle Sprayer atau penyemprotnya juga bisa dikontrol dari jarak jauh dengan memanfaatkan Cloud atau internet

Intinya dengan penyiram jamur otomatis dari Egrotek bisa memudahkan para petani jamur dalam melakukan budidaya jamur. Selain memudahkan, para petani jamur juga bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal baik dari segi kualitas dan kuantitas.

 

4 Keunggulan dari Egrotek

Keunggulan dari Egrotek

Kenapa kamu harus menggunakan Egrotek pastinya bukan tanpa alasan, karena memang Egrotek memiliki beberapa kelebihan.

 

1. Sensor Suhu dan kelembaban

Sensor suhu dari Egrotek bisa dibilang sangat akurat dan pastinya memiliki resolusi tinggi. Bahkan alat penyiram otomatis dari egrotek bisa membaca perubahan suhu hingga 0,1°C. Tingkat akurasi yang ditawarkan juga tidak tanggung-tanggung, bisa sampai 0,5 °C.

Tidak hanya sensor suhunya, sensor kelembaban dari Egrotek juga memiliki akurasi dan resolusi yang sangat baik. Sensor kelembaban pada perangkat ini bisa mencapai resolusi 0,1 % RH dengan akurasi ± 2 % RH.

Dengan spesifikasi sensor dan kelembaban seperti di atas, kamu akan lebih mendapatkan hasil yang akurat dibandingkan dengan mengecek suhu dan kelembaban menggunakan termometer.

 

2. Embedded System

Seperti yang dibilang tadi, Egrotek merupakan solusi untuk pada petani jamur agar memudahkan proses budidaya dari jamur itu sendiri.

Oleh karena itu pada perangkat Egrotek ditanamkan jaringan seluler GPRS yang terhubung ke internet. Sehingga hasil data sensor suhu dan kelembaban akan langsung masuk ke server web.

Nozzle Sprayer yang terpasang juga diproses dengan menggunakan perangkat mikrokontroler dengan kecepatan hingga clock 16 Mhz.

Pada perangkat yang terpasang pada kumbung jamur juga dipasangi LCD yang bisa menampilkan suhu dan kelembaban pada kumbung jamur.

Lalu berapa daya listrik yang dibutuhkan?

Tenang, perangkat Egrotek hanya membutuhkan konsumsi daya listrik 1 watt, dan untuk pompa penyemprotnya hanya membutuhkan konsumsi daya listrik sebesar 40 watt.

Tidak hanya itu, Egrotek juga bisa kamu setting menjadi mode online maupun offline. Jadi jika dilihat perangkat ini memang tau yang dibutuhkan oleh para petani jamur.

 

3. Teknologi Internet of Things

Apa itu IoT? Intinya dengan teknologi IoT perangkat dari egrotek bisa mentransfer data dengan menggunakna jaringan seluler tanpa menggunakan campur tangan dari manusia.

Suhu dan kelembaban pada kumbung jamur bisa di monitor secara realtime dan juga jarak jauh, tanpa harus melihat kondisinya langsung di kumbung jamur.

 

4. Nozzle Sprayer

Nozzle sprayer yang terpasang pada perangkat ini sudah terkonfigurasi secara otomatis agar ketika kelembaban di bawah standar maka secara otomatis nozzle sprayer akan menyemprotkan air yang berupa butiran embun.

Yang dimana air yang dikeluarkan akan membuat kelembaban kembali ke standar yang kamu inginkan, untuk pasokan air ke titik nozzle menggunakan high pressure pump dengan kapastitas 3,1 liter/menit.

 

Fitur-Fitur pada Egrotek

Fitur-Fitur pada Egrotek

1. Monitoring suhu dan kelembaban

Seperti yang dikatakan tadi karena perangkat Egrotek menerapkan teknologi IoT, maka fitur yang pertama dari Egrotek adalah mampu memonitoring suhu dan kelembaban secara realtime dan online.

Data yang ditangkap oleh sensor suhu dan kelembaba akan dikirim ke server, lalu akan dittampilkan dalam tampilan dashboard monitoring yang disediakan juga oleh Egrotek.

Dengan begini, para petani jamur akan lebih efisien dalam melakukan budidaya jamur, karena tidak perlu bolak-balik mengontrol termometer.

 

2. Setting parameter suhu dan kelembaban minimal

Apakah petani jamur bisa mengatur sendiri suhu dan kelembaban minimal dalam kumbung jamurnya?

Jika muncul pertanyaan itu jawabannya “BISA”, karena memang dari Egrotek sendiri menyediakan aplikasinya agar bisa mengontrol perangkat mereka.

Termasuk juga menyetting suhu dan kelembaban minimal yang baik untuk kumbung jamur dan juga jamur tiram yang dibudidayakan.

Penyettingan juga bisa kamu lakukan secara online maupun secara offline, jadi memang alat sangat-sangat praktis untuk kamu para petani jamur.

 

3. Grafik Kelembaban

Nah, data sensor yang sudah dikirim ke server tadi nantinya akan diolah oleh server, dan akhirnya akan ditampilkan di dashboard yang disediakan juga oleh Egrotek.

Pada dashboard tersebut akan ditampikan grafik kelembaban dan juga suhu yang bisa kamu baca secara realtime. Grafik yang ditampilkan pastinya akan memudahkan kamu sebagai petani jamur dalam mengontrol dan memonitor kondisi kumbung jamur.

 

4. Pencatatan

Pada dashboard aplikasi yang disediakan oleh Egrotek juga bisa kamu manfaatkan untuk mencatat semua proses kegiatan pada budidaya jamur yang kamu lakukan.

Contohnya seperti, jumlah kumbung, waktu tanam, hingga data hasil panen. Dengan cara ini kamu jadi tidak perlu terlalu banyak media untuk mendokumentasikan kegiatan budidaya jamur.

 

Produk-Produk dari Egrotek

1. Egrotek CL2200

Penyiram otomatis egrotek CL2200

Penyiram otomatis egrotek CL2200

Perangkat Egrotek yang satu ini bisa digunakan untuk melakukan penyiraman jamur secara otomatis dengan bantuan aplikasi Egrotek yang bisa Anda install melalui Playstore.

Perangkat ini mempunyai fitur diantaranya:

  • Tingkat akurasi suhu yang presisi : ± 0,5 C
  • Akurasi kelembaban ± 2% RH
  • High Presure Pump
  • Otomamatic
  • Nozle Sprayer
  • GPRS Network
  • Microcontroller ATmega328  16 Mhz
  • Real Time
  • Monitoring Web, Kendali Web

 

2. Egrotek CL2400

Penyiram Otomatis egrotek CL2400

Penyiram Otomatis egrotek CL2400

Perangkat ini bisa digunakan untuk melakukan penyiraman jamur secara otomatis dengan bantuan aplikasi Egrotek yang bisa Anda instal melalui Playstore.

Perangkat ini memiliki beberapa fitur diantaranya:

  • Mempunyai tingkat akurasi suhu yang presisi : ± 0,5 C.
  • Akurasi kelembaban ± 2% RH
  • High Presure Pump
  • Otomamatic
  • Nozle Sprayer
  • GPRS Network
  • Microcontroller ATXmega32A4U 32 Mhz
  • Real Time
  • Monitoring Web, Kendali Web.

Nah, gimana? Kamu minat?

Intinya sih, perangkat penyiram otomatis dari Egrotek ini bisa dibilang sangat-sangat praktis, dari mulai perangkat yang digunakan hingga aplikasi yang digunakan.

Semua proses budidaya yang ada bisa dikontrol langsung dari satu aplikasi, tanpa harus melakukan segala sesuatunya secara manual.

Kalo kamu minat memiliki penyiram jamur yang satu ini kamu bisa kunjungi :

Webiste : www.egrotek.com

Di website tersebut sudah disediakan secara lengkap mulai dari kontak hingga alamat dari Egrotek sendiri. Dan berdasarkan pengalaman juga, Egrotek juga bersedia melakukan instalasi perangkatnya di kumbung jamur yang kamu miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *